Selasa, 20 Oktober 2015

3. Penjelasan Arsitektur computer

Arsitektur computer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoprasian dasar dari suatu system computer yang merupakan deskripsi fungsional dari kebutuhan perangkat keras yang di desain dengan kecepatan proses dan system interkoneksinya untuk dapat menciptakan sebuah computer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja dan target biaya.
            Perbadaan paling sederhana dalam tingkatan arsitekstur computer yaitu pada hardware dan software.
1.      Tingkatan dasar Arsitektur computer
Pada tingkatan ini hardware sebagai tingkatan computer yang yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
2.      Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan
memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.

Pada Hardware level terdapat beberapa tingkatan layer, yaitu:
1.      Physical Device Layer
Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat penting
2.      Digital Logic Layer
Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan, memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.
3.      Microprogrammed Layer
Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan secara langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner yang sangat mendasar dan dikendalikan oleh instruksi program
            4.     Machine Layer
Adalah tingkatam yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi bahasa mesin yang dapat diinter-pretasikan secara langsung oleh hardware.
            Pada software level terdapat beberapa tingkatan layer, yaitu
1.    Operating System Layer
Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.
2.      Higher Order Software Layer
Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.
3.      Applications Layer
Adalah bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user.

Central Processing Unit (CPU)

CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini disebut microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali (control unit) dan unit Aritmatika dan logika (arithmethic logic unit). Disamping dua bagian utamatersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut register.
1.      Control Unit
Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output.
2.      Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatik atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melaukan operasi aritmatik dengan dasar pertambahan, sedang operasi aritmatik yang lainnya seperti pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan.

Jenis- Jenis Processor


1. Mikroprosesor 8080
2. Mikroprosesor 6800 dan 6502
3. Mikroprosesor Z-80
4. Mikroprosesor 8085
5. Mikroprosesor INTEL 8086/8088
6. Mikroprosesor 6800
7. Mikroprosesor 80286
8. Mikroprosesor 80386
9. Mikroprosesor 68020 dan 68030
10. Mikroprosesor 80486



Peralatan output dapat berupa:
  1. Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
  2. Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan imagepada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
  3. Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.


Sumber :
https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=13&cad=rja&uact=8&ved=0CG0QFjAMahUKEwiO6veglc3IAhVEPo4KHdfwAj8&url=http%3A%2F%2Fiwangsa.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F31945%2FVIII.%2BArsitektur%2BKomputer%2B(10-11).pdf&usg=AFQjCNFAEz8iLlwsOGAJLoRztcaVbeBXZw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar