Minggu, 28 April 2013

septia nur aini : Energi Alternatif terbaru


Energi Alternatif
Perlu diketahui bahwa SDA yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia semakin hari semakin berkurang , misalnya saja minyak tanah yang digunakan para ibu rumah tangga untuk menyalakan kompor , tetapi jika minyak tanah tersebut semakin hari - semakin digunakan maka akan terjadinya kelangkaan oleh karena itu, perlu adanya energy alternative baru untuk menghemat minyak tanah tersebut yaitu dikeluarkannya gas elpiji oleh pemerintah sebagai pengganti minyak tanah.
Pemanfaatan energy terbaru wajib dilakukan, seperti energy surya, angin , air, panas bumi dan sebagainya. Berbagai pihak mencoba mengembangkan potensi energi terbaru. Salah satunya adalah dua siswi dari Sekolah Kesatuan Bangsa yakni Talia Pandan Sari dan Rika Nuraini. Melalui penelitian mereka yang berjudul 'Tangga Dinamo Sebagai Penghasil Listrik Alternatif' tersebut, berhasil mendapatkan energi yang dihasilkan dengan memanfaatkan aktivitas manusia dalam menaiki atau menuruni tangga yang sudah dipasang dinamo sepeda.
Jika injakan pada anak tangga dilakukan berkali-kali, maka putaran tuas pada dinamo akan menghasilkan energi listrik yang dapat disimpan dalam baterei dinamo. Aliran listrik yang dihasilkan baterei dinamo setara dengan 8 watt per satu anak tangga. Semakin banyak injakan pada anak tangga maka akan semakin banyak energi listrik yang dapat dihasilkan oleh baterai dinamo.Buatan mereka tersebut cocok dipasang di tempat-tempat keramaian seperti stadion bola, stasiun, mall, bandara, sekolah, kampus dan tempat lain yang banyak terdapat tangga.(Sindonews.com)
Dengan dihasilkannya energy alternative maka adanya penghematan Sumber Daya Alam yang masih akan dirasakan kepada generasi-generasi selanjutnya. Serta diharapkan SDM lainnya dapat membantu menghasilkan energy alternative baru lainnya sehingga sangat membantu untuk memberikan manfaat yang besar bagi semua manusia dan perlunya suatu penghargaan bagi seseorang yang mampu menghasilkan alternative baru.
Septia Nur Aini ( 16512924 ) 1PA05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar