Minggu, 28 April 2013

septia nur aini : BAHAN kIMIA YANG DIGUNAKAN SEBAGAI SENJATA KIMIA


Bahan Kimia yang digunakan sebagai senjata kimia

            Penggunaan senjata kimia pertama kali telah terjadi pada tahun 1915 pada saat Perang Dunia 1 ketika Jerman melepaskan gas Chlorine pada saat angin bertiup kearah Perancis yang berjarak beberapa ratus yards. Phosgene dan berbagai senjata kimia lainnya juga digunakan dalam perang hingga pada puncaknya Jerman mengenalkan “ mustard gas pada tahun 1917. Pada akhir Perang Dunia 1 tahun 1918. Semua kubu perang telah menggunakan berbagai macam senjata kimia mematikan.
            Selain itu , Semasa perang Vietnam pada tahun 1970 senyawa yang digunakan adalah Agent Orange yaitu campuran 2,4,5-trichlorophenoxyacetic acid dan 2,4-dichlorophenoxyacetic acid pada konsentrasi tertentu. Senyawa ini disebut Agent Orange karena senyawa ini berwarna Orange. Senyawa ini digunakan untuk menghancurkan dedaunan hutan untuk menemukan pasukan musuh. Senyawa ini dapat membuat kanker langka yang berkepanjangan bahkan dampak setelah perang tersebut masih dirasakan oleh anak-anak yang lahir di tahun 1996.
Bahan – Bahan Kimia yang biasanya digunakan untuk Senjata perang serta dampaknya , yaitu :
Racun Saraf (Nerv Gas)  : Racun ini diserap dalam tubuh melalui pernapasan, pencernaan, atau menembus melalui kulit, yang mempengaruhi fungsi jaringan tubuh menunggu reaksi kese-imbangan dalam cairan tubuh yang mengakibatkan penumpukan acethyl chlorine dan rangsangan terus menerus pada sistem syaraf, parasymphatis dan sistem syaraf automatis. Jalannya impulse syaraf terganggu sehingga fungsi tubuh seperti; pernapasan, penglihatan dan pengendalian otot-otot juga terganggu.
Racun Lepuh (Blistering Agent ) : Racun ini menyerang mata, paru-paru dan membuat kulit lepuh-lepuh. Beberapa racun lepuh diantaranya adalah : Mustard gas, Nitrogenmustard, lewisite, adamsite.
Racun Cekik (Pulmonary Agent)  : Racun ini menyebabkan iritasi atau terbakarnya batang tenggorokan dari paru-paru terutama terasa pada saluran pernapasan dengan luka-luka yang meluas ke bagian-bagian terdalam dari paru-paru. Racun ini merupakan jenis racun yang mematikan, dan bila mengenai manusia akan mengakibatkan rasa seolah-olah tercekik akibat kekurangan oksigen dan dapat mengakibatkan kematian. Beberapa racun cekik diantaranya adalah :  Phosgene.
Racun Darah (Blood Agent) :  Racun ini diserap oleh tubuh terutama melalui pernapasan, mempengaruhi fungsi tubuh melalui kerjanya eurymecy tochromeoxidase yang membawa oksigen melalui darah ke seluruh jaringan tubuh. Beberapa racun darah diantaranya adalah : Hydrogen Cyanida, Cyanogen Chloride.
Racun Iritasi (Riot Control Agent)  : Racun ini disebut juga racun bersin dan racun gas air mata. Racun ini menyebabkan peradangan pada bagian alat pernapasan dan perangsangan mata. Beberapa racun iritasi diantaranya adalah : Gas air mata.
Bebarapa racun lain adalah : Psilosibin, Andreno-krom, Meskalin.
Menurut saya penggunaan bahan kimia untuk senjata sangat berbahaya karena selain dapat mematikan, bahan kimia-kimia tersebut dapat memberikan cacat yang berkepanjangan kepada manusia , gangguan psikologis bahkan dapat masih dirasakan oleh generasi berikutnya. Penggunaan bahan kimia sebagai senjata perlu diatur oleh undang-undang.Sehingga tidak sembarangan negara-negara yang sedang berselisih menggunakan bahan kimia sebagai senjatanya.
Septia nur Aini ( 16512924) 1PA05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar