Jumat, 04 Oktober 2013

Fasilitas pada internet


Internet merupakan kata singkat dari International Network. Sehingga internet adalah sistem komputer yang saling berhubungan yang areanya mencakup jaringan Internasional (dunia). Oleh karena itu internet telah banyak digunakan oleh setiap orang untuk mendapatkan informasi dengan cepat.
            Oleh sebagian orang, jika mengenal kata internet yang diingat adalah E-mail dan World Wide Web (WWW), padahal banyak hal-hal yang terdapat dalam internet, diantaranya yaitu :
1.     WWW (World Wide Web), adalah layanann internet yang paling popular saat ini. Sehingga hampir setiap orang banyak menggunakannya. Biasanya kegiatan ini disebut dengan browser untuk mencari informasi yang diperlukan user (pengguna). Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Oleh karena itu user dapat mengunjungi situs-situs yang ada dalam internet, misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Opera dan dari WWW ini kita dapat menggunakan jejaring sosial seperti facebook dan twitter.
2.   E-mail (Electronic mail) merupakan pengiriman dan penerimaan surat, pesan maupun file melalui internet secara cepat dan dapat dikirim secara banyak ke seluruh penjuru dunia. Setiap pengguna e-mail harus memiliki sebuah alamat e-mail, contoh alamat e-mail : duik@peter.petra.ac.id, steam2000@hotpop.com.  E-mail dapat diperoleh secara gratis melalui layanan e-mail Yahoo! Mail dan Gmail. File yang dapat dikirim melalui e-mail dapat berupa gambar, dokumen, maupun audio-visual. Hal ini tentu akan lebih menghemat waktu dan biaya.
3.   Telnet adalah Software yang memungkinkan satu komputer berhubungan dengan komputer lain dan dapat menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Contohnya: spacelink.msfc.nasa.gov adalah layanan telnet gratis dari NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.
4.     FTP (File Transfer Protokol) adalah suatu software yang digunakan untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini. Proses transfer file dari jaringan ke komputer kita disebut dengan downloading, sedangkan proses transfer file dari komputer kita ke jaringan komputer disebut dengan uploading. Cara menjalankan sebuah program untuk mengakses sebuah server FTP misalnya FileZilla.
5.    Gopher adalah software yang tersusun atas untaian menu sistem pemcarian dan penemuan kembali. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
6.   Chat group adalah suatu forum dimana para pengguna internet (user) melakukan diskusi secara online melalui komputer.
7. Chatting adalah berkomunikasi secara langsung lewat internet. Chatting selalu mengalami perkembangan yang bermula hanya mengirimkan via teks pesan, sekarang chatting bisa dilakukan melalui suara bahkan video. Chatting dapat dilakukan secara bersama-sama. Layanan chatting yang populer, misalnya mIRC dan Yahoo!Messenger. Chatting dapat dilakukan oleh siapa saja di seluruh penjuru dunia.
8.   Newsgroup adalah percakapan bersambung bagi para pelanggan dengan minat yang sama. Seperti newsletter perusahaan yang terbit lebih sering.
9.     E-commerce adalah kegiatan bisnis dalam lingkungan internet, sehingga memungkinkan adanya jual beli melalui internet. 

Referensi :
faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/www/3-fasilitas_internet.htm

www.komputeran.com/2012/04/apa-saja-yang-bisa-anda-lakukan-di.html?m=1



      Nama : Septia Nur Aini (16512924)
      Kelas  : 2PA01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar